Tugas Individu

1. Manfaat website bagi perusahaan dan bagi perseorangan

Manfaat website bagi perusahaan :

  1. Sumber Informasi bagi pelanggan
    Perusahaan dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk / layanan yang diberikan. Pelanggan tanpa repot harus bertanya-tanya dan tidak direspon oleh perusahaan dengan cepat, dengan memanfaatkan website, perusahaan dapat mengarahkan pelanggan ke informasi yang lebih lengkap tanpa harus cetak brosuk atau katalog.
  2. Lebih Kredibilitas
    Perusahaan Anda akan terkesan lebih profesional dengan mempunyai website. Hal itu dikarenakan perusahaan akan lebih dipercaya oleh pelanggan dengan jaminan keamanan informasi, data, dan lainnya. Perusahaan dapat juga menggunakan domain (Order layanan Domain Murah IDcloudHost) dan SSL / HTTPS untuk menyakinkan pelanggan.
  3. Dapat memperluas Market / Segmentasi Pasar
    Perusahaan dapat memperluas market dengan mempunyai website. Misalnya saja usaha offline yang selama ini hanya menjangkau market yang ada di suatu wilayah, dengan memanfaatkan website menggunakan internet, perusahaan dapat menjangkau market keseluruh wilayah bahkan luar negeri.
  4. Meningkatkan Omset Penjualan
    Bagi perusahaan yang melakukan penjualan dengan market yang luas dan target yang lebih banyak, tentunya akan menambah omset hingga ratusan persen dari sebelumnya.
  5. Dapat Dikunjungi Pelanggan Kapanpun
    Pelanggan dapat mengunjungi website Anda kapanpun dan dimanapun selama terkoneksi dengan internet. cukup mengakses website Anda akan mempermudah pelanggan untuk mencari informasi perusahaan Anda dengan melihat produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda

Manfaat website bagi perorangan :

1. Meningkatkan Kredibilitas Usaha Kecil

Hari ini, konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Usaha kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa website, pelanggan potensial akan pergi ke pesaing Anda yang memiliki website. Untuk bisnis rumahan, ini sangat menguntungkan karena Anda tidak harus memiliki toko offline (toko fisik) terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa.
2. Menghemat Uang
Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin berpikir bahwa Anda belum mampu membuat sebuah website yang profesional. Namun, coba bandingkan dengan biaya iklan di surat kabar, ketika Anda bisa melihat pasar potensial yang dapat Anda capai dengan website, itu adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Meskipun biaya membangun website itu bervariasi, sebuah situs web untuk usaha kecil umumnya berbiaya di bawah Rp500.000 per bulan. Dan akan jauh lebih hemat lagi jika dikonversikan per tahunan.

3. Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Coba bayangkan website Anda sebagai brosur online atau katalog. Adalah jauh lebih mudah dan cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan di situs Anda daripada dalam bahan cetak, sehingga ini adalah cara yang efektif untuk menginfokan kepada pelanggan Anda tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang Anda tawarkan. Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, situs web Anda dapat memberikan informasi yang senantiasa up-to-date.

4. Mudah Diakses

Sebuah website bisa diakses oleh Anda sendiri dan pelanggan potensial selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Mereka bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Anda ketika toko atau kantor offline ditutup. Dengan gaya hidup yang selalu sibuk di masa kini, ini adalah selling point yang besar ketika membuat keputusan pembelian.

5. Menjangkau Target Pasar Yang Lebih Luas

Baik menjual produk maupun jasa, website akan selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikannya.



2. Bisnis online memperlakukan data sebagai salah satu komponen penting, bahkan dikenal istilah "content is king" apa maksudnya??
Konten Adalah Raja (Content is King). Istilah ini populer di kalangan blogger dan praktisi mediaonline.
Isi adalah Raja maksudnya postingan blog merupakan penentu utama sukses blogging –banyak pengunjung, meraih popularitas, berpengaruh, dan… menghasilkan uang!
Content is King juga menggambarkan pengunjung memang datang ke blog kita, membuka blog kita, mayoritas melalui mesin telusur, khususnya Google.
Di Google itu pengguna internet mencari informasi yang mereka butuhkan. Informasi itu adalah konten. Jika konten blog kita cocok dengan yang dicari, maka blog kitalah yang disajikan Google di halaman hasil pencarian (SERP).

3. Mesin pencari memiliki peran penting untuk menenangkan persaingan dalam bisnis online, sebutkan peranan mesin pencari yang kamu tahu dan beri penjelasan!!
> Peran SEO dalam Bisnis Online
Peran SEO bagi seorang pebisnis online sangatlah signifikan, karena dengan tehnik SEO secara nyata terbukti mampu meningkatkan kepopuleran website, blog, ataupun toko online yang tentu saja juga mempengaruhi tingkat penjualan. Berikut ini 4 peran SEO dalam bisnis online, yaitu :
  1. Meningkatkan kredibilitas
Tingginya posisi website, blog atau toko online Anda dalam web page mesin pencari secara otomatis akan membuat semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda setiap hari, dan hal ini akan membangun tingkat kepercayaan publik karena mesin pencari seperti Google dan Yahoo memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kredibilitas, brand loyalty dan conversion rate sebuah website.
  1. Meningkatkan penghasilan
Perlu Anda ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial tertinggi di dunia, sehingga tidaklah mengherankan bila pangsa pasarnya cukup besar untuk meraih penghasilan, namun tentu saja persaingan juga sangat ketat, sehingga diperlukan bantuan SEO agar website, blog atau toko online Adna tetap berada di posisi teratas pada mesin pencari pada saat calon konsumen mengetik sebuah kata sandi atau produk. Dan pada umumnya website, blok ataupun toko online yang berada diposisi teratas akan mendapatkan ribuan sampai puluhan ribu visitor setiap hari, sehingga secara otomatis akan semakin memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.
  1. Menghemat pengeluaran
Salah satu upaya untuk memperkenalkan website, blog, toko online dan sebuah produk adalah dengan menyisihkan biaya marketing atau pemasaran yang cukup besar agar terkenal di seluruh Indonesia, namun hal ini tidaklah berlaku bagi pengguna SEO, karena biaya yang dikeluarkan tidaklah sebesar pada saat menggunakan iklan di televisi atau radio, dan Anda tidak perlu membayar mesin pencari seperti google atau yahoo, karena secara alami setiap kali kata sandi diketik maka website Anda akan berada paling atas, sehingg traffic kunjungan ke website Anda akan meningkat tanpa harus membayar biaya iklan yang mahal.
  1. Dapat meningkatkan jumlah visitor yang sesuai dengan target pasar
Setiap website, blog ataupun toko online memiliki target konsumen sendiri, dengan menjalankan tekhnik SEO maka setiap kali ada sebuah kata sandi diketik seseorang dari manapun asalnya maka secara otomatis mesin pencari akan menampilkan nama website, blog atau toko online Anda, sehingga bisa dipastikan bahwa visitor benar-benar orang yang ingin mendapatkan informasi. Meskipun sebenarnya ada banyak website, blog atau toko online sejenis, namun dengan memanfaatkan tehnik SEO maka bisa dipastikan jumlah calon konsumen yang menjadi target pasar Anda akan semakin meningkat.

4. Komunikasi transaksi dan distribusi adalah aspek yang penting dalam saluran bisnis online, berilah contoh komunikasi daring online yang dapat digunakan dalam bisnis online. 5 contoh!!
> Contoh komunikasi daring online yang dapat digunakan dalam bisnis online :
1. Website
Website merupakan sebuah sistem yang mempresentasikan informasi yang tersimpan dalam bentuk  teks, gambar, audio, atau video dalam ternet websever, kedalam bentuk hypertext sehingga dapat diakses dan dilihat pengguna internet. Website memiliki berbagai fungsi seperti sebagai edia komunikasi, menyebarkan informasi, edukasi, atau sebagai media promosi dan pemasaran (baca juga: tujuan komunikasi dalam jaringan).
2. Email
Electronic Mail yang disingkat email, merupakan sebuah bentuk berkomunikasi dengan cara surat menyurat. Bedanya email merupakan surat elektronik, sehingga pesan yang dikirimkan berupa data digital (baca juga: komunikasi digital). Pesan tersebut dikirimkan kepada penerimanya melalui jaringan  internet. Agar dapat saling berkirim pesan melalui email, pemberi dan penerima pesan harus membuat akun pada salah penyedia jasa email  untuk mendapatkan alamat email.
Terdapat banyak situs penyedia jasa email, misalnya Google Mail, Yahoo Mail, Hotmail, Plasa, dll. Fasilitas yang disediakan penyedia jasa email mencakup mengirim, menerima, dan menyimpan surat elektronik yang kita terima atau kirimkan. Seperti halnya mengirim surat melalui pos, untuk mengirim email kita perlu menuliskan alamat email orang yang kita tuju. Sedangkan pesan yang dikirimkan bisa berupa teks, gambar maupun suara, namun dalam bentuk digital.
Berbeda dengan surat biasa yang dikirimkan melalui pos, untuk mengirim email tidak memerlukan biaya kirim, dan akan langsung sampai begitu email dikirim.  Cakupannya pun tentu hingga seluruh dunia. Sehingga pengiriman surat melalu email tentu lebih mudah, efisien, serta praktis dibanding surat konvensional.
3. Forum Online
Forum merupakan program aplikasi internet yang digunakan sebagai media diskusi online antar anggota yang tergabung dalam suatu grup atau kelompok tertentu. Suatu forum biasanya membahas topic tertentu, dan anggotanya dapat dengan bebas mengemukakan pendapatnya. Pesan atau informasi yang disampaikan dalam forum bisa berupa teks, audio, atau video. Penggunanya juga bisa mengirimkan emosinya dalam bentuk avatar ataupun emoji. Forum memiliki beberpa fungsi seperti tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki satu fikiran untuk dapat saling bertukar informasi dan pandangan. Sebuah forum perbincangan dimana setiap anggotanya bebas mengemukakan pendapatnya (baca juga:etika komunikasi di internet).
4. Mailing List
Mailinglist atau disingkat milis, merupakan program aplikasi internet dimana setiap anggota yang tergabung didalamnya saling bertukar informasi melalu email. Milis mirip dengan newsgrup, dimana sekelompok pengguna yang tergabung didalamnya membahas suatu  topic tertentu, dan setiap anggotanya bebas memberikan informasi atau pendapat terkait topic tersebut. Bedanya dalam milis komunikasi dilakukan melalui email.
Untuk dapat tergabung dalam milis tentunya pengguna harus memiliki email terlebih dahulu.  Kemudian bergabung dalam sebuah grup atau membuatnya dan mengundang orang-orang untuk bergabung didalamnya. Di era 90-an milis cukup popular digunakan oleh pengguna internet, namun sekarang nyaris ditinggalkan karna kalah popular dibanding  aplikasi –aplikasi sosial media yang lebih canggih (baca juga :  media komunikasi modern).
5. Internet Relay Chat
Internet Relay Chat (IRC) merupakan aplikasi bercakap-cakap diinternet dimana penggunanya saling bertukar pesan/ informasi dalam bentuk barisan-barisan tulisan yang diketik dengan keyboard.  IRC atau yang lebih dikenal dengan istilah chatting ini memungkinkan penggunanya untuk bercakap-cakap dengan siapa pun dan membahas apa pun yang diinginkan chatter. Tidak dibatasi oleh topik tertentu, ataupun keanggotaan tertentu dalam sebuah grup/ kelompok. Sifat percakapannya pun bisa perseorangan (privat) maupun berkelompok (grup). Untuk dapat menggunakan aplikasi ini pengguna harus terlebih dahulu mendaftar menggunakan email. Contoh program aplikasi chatting antara lain mIRC, Yahoo! Messenger, MSN Messenger, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar